Manfaat dari Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL)

Written By Abdulmanan on Senin, 04 Juli 2011 | 07.04

       Sebenarnya terdapat banyak sekali manfaat dari Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) tetapi saya akan memberikan manfaat hanya sebagian antara lain : 

  • Tumbuhnya kesadaran dan tannggung jawab kepada para siswa - siswi, guru, kepala sekolah, dan semua staf pegawai dan karyawan di SMKN 3 Kuningan  dalam pemanfaatan serta pemeliharaan lingkungan,
  • Lingkungan yang berada di sekolah dapat menjadi laboratorium alam (outdoor lab), sehingga dapat memperluas wacana keilmuan tentang Berbudaya Lingkungan.
  • Terwujudnya lingkungan yang bersih, asri, nyaman, dan menyenangkan, sehingga dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar disekolah.

 Semua manfaat tersebut dapat maksimal jika didukung oleh program sekolah yang fokus, dan konsisten, untuk dapat melaksanakan langkah-langkah yang mengarah pada terbentuknya Sekolah Berbudaya Lingkungan.
Selain usaha-usaha tersebut diatas, yang tidak kalah penting adalah dukungan dari pemerintah melalui dinas-dinas terkait untuk memberikan langkah nyata dalam pemberdayaan sekolah yang berbudaya lingkungan., langkah-langkah terdekat yang dapat dilaksanakan diantaranya: pemberian ekstra Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH),  program jum’at bersih seperti yang telah dilakukan di SMKN 3 Kuningan, pengadaan dan pengoptimalan kebun sekolah, maupun program wajib tanam pohon bagi siswa. Kesemuanya itu diharapkan akan semakin mempercepat proses menuju sekolah yang berbudaya lingkungan. Amin

0 komentar: